Monday, July 03, 2006

Berbagai Pertunjukan

Berbagai pertunjukan mewarnai hari pencarian dana antara lain pertunjukan tarian dan juga pagelaran wayang kulit oleh Ki Sumardi Sabdho Carito yang berasal dari Sragen. Ki dalang Sumardi menampilkan cerita berjudul Babad Alas Wanamarto (Brotoseno Babad Alas) secara singkat dengan kelir yang disinari lampu listrik dan 'debog pisang' yang diganti dengan busa untuk menancapkan bunga.

Akibat Puntodewo alias Yudistira yang kalah main dadu menyebabkan kelima Pandawa harus mengembara ke hutan. Brataseno (Bhima) meminta izin pada Ibunya yaitu Ibu Kunthi untuk mengembara membabad hutan untuk mendirikan kerajaan baru yang akan disebut Kerajaan Amarta. Permadi alias Arjuna diminta untuk menjaga Ibu Kunthi. Brataseno diiringi Petruk dan Bagong. Bagong hanya tampil dalam cerita wayang versi Ngayogyakartahadiningrat ( Bagong adalah ciptaan Sultan Agung Hanyakrakusumo).

Usaha membuka hutan itu tidaklah mudah karena hutan dihuni oleh para raksasa yang tangguh dan semua itu haruslah dihadapi untuk membangun sebuah negara yang baru. Pagelaran singkat ini telah direkam dalam 2CD terbagi dalam 10 Movie Clips (CD 1 : Pembukaan-Ngulandara Ngedegake Negara Amarta- Pengestunipun Ibu Kunthi - Petruk lan Bagong - Yes,Boss - Luwes kaya Merak , CD 2 : Petruk Kantong Bolong - My Name is Bagong - Butha Alas - Kelakon Babad Alas - Pungkasan Carito). CD akan diberikan pada Ki Dalang Sumardi besok pada hari Rabu tanggal 5 Juli 2006.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home